Ikan Pari Raksasa Tersangkut Jaring Nelayan Bikin Kaget Warga di Mamuju Tengah

Ikan pari tersangkut jaring nelayan di Mamuju Tengah (Foto: Istimewa)
Ikan pari tersangkut jaring nelayan di Mamuju Tengah (Foto: Istimewa)

Seekor ikan pari berukuran raksasa secara tidak sengaja tersangkut jaring nelayan di laut Mamuju Tengah, Sulbar, Kamis (12/10/23) pagi. Hal itu viral di media sosial yang diunggah pemilik akun Instagram @infomamuju_.


Dalam unggahan itu, terlihat sejumlah warga berusaha mengangkat seekor pari raksasa dari bibir pantai. Namun karena berat, mereka sesekali beristirahat mengumpulkan tenaga, lalu kembali mengangkat ikan itu.

Ikan pari yang tersangkut jaring di Mateng diperkirakan berukuran 1 meter lebih. Siripnya sesekali diayunkan seakan mencari air untuk segera menjauh dari pantai karena merasa terancam.

"Besar sekali ikan pari nya, monster. Barusan ini dapat begini," ucap warga yang mengabadikan momen itu dalam dialek Mamuju.

Ikan pari merupakan jenis ikan laut yang memiliki sebanyak 560 spesies dan tergolong dalam 13 famili. Selain di laut, ikan pari juga dapat ditemukan di lingkungan air tawar.

Salah satunya, ikan pari Himantura signifer yang hanya dapat dijumpai di perairan air tawar. Ikan pari sering terlihat dalam kelompok kecil, maupun soliter.

Ikan pari biasanya tersebar di perairan pantai dan kadang masuk ke dalam wilayah pasang surut. Ikan yang berkembang biak dengan cara ovovivipar (bertelur dan melahirkan) itu biasa ditemukan di perairan laut tropis.

Wilayah Indonesia ternyata juga merupakan habitat spesies ikan pari yang terbesar, salah satunya jenis Pari Manta (Manta Birostris). Bisa dikatakan terbesar di dunia karena ukuran lebar tubuhnya bisa mencapai 6 hingga 8 meter.

Ukuran itu dari ujung sirip dada ke ujung sirip lainnya, sehingga berat ikan pari manta bisa mencapai sekira 3 ton.