Pelaku UMKM Nilai, Febrianto Wijaya Paling Paham Cara Pengembangan UMKM

Nanang Munandar pelaku UMKM di Mamuju (Foto: Eka Musriang)
Nanang Munandar pelaku UMKM di Mamuju (Foto: Eka Musriang)

Salah seorang pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Mamuju, Nanang Munandar menceritakan sedikit dari banyaknya pengalaman selama mengenal sosok Anggota DPRD Mamuju, Febrianto Wijaya.


Menurutnya, Febrianto Wijaya sudah memahami kendala yang dihadapi oleh para pelaku UMKM di Ibu Kota Provinsi Sulbar ini. Bahkan, kata Dia, tak jarang, pria yang dikenal sebagai pemain sepakbola profesional sebelum banting setir jadi politisi itu, menawarkan solusi bagi para pelaku UMKM.

"Kalau menurut ku saya, dia (Febrianto Wijaya) dalam mengembangkan UMKM bagus, karena memang Febrianto lahir dari kalangan pebisnis. Jadi, memang dia (Febrianto Wijaya) sudah biasa dengan dunia bisnis," kata Nanang Munandar, saat ditemui Rmolsulbar.id di kediamannya, Jumat (9/2/2024).

Owner SOP Saudara Iga Sapi dan Alpukat Kocok itu mengungkapkan, Febrianto Wijaya merupakan seorang politisi yang sangat peduli terhadap pengembangan UMKM di Mamuju. Hal itu terbukti dengan motivasi-motivasi dan pengetahuan soal cara berbisnis yang baik yang diberikan.

"Dia (Febrianto Wijaya) selalu memberikan motivasi dan memberikan pengetahuan bagaimana cara berbisnis dengan baik. Itu disampaikan Febrianto Wijaya saat bertemu dengan para pelaku UMKM," ungkapnya.

Nanang Munandar pun mengaku, kagum dengan kepribadian Febrianto Wijaya yang menurutnya sangat merakyat, jika dibandingkan dengan politisi-politisi lainnya. Dirinya pun tidak segan menyuarakan aspirasi saat bertemu dengan Febrianto Wijaya.

"Kepribadiannya juga merakyat dibanding dengan orang lain. Apalagi, saat ini dia (Febrianto Wijaya) sebagai Anggota DPRD Mamuju, Febrianto tidak segan turun ke masyarakat, mengurusi teman-teman UMKM, apa yang dibutuhkan UMKM, seperti menaikkan levelnya dengan cara mengadakan event," ujar Nanang Munandar.

Nanang Munandar yang mengaku sebagai junior Febrianto Wijaya di Makassar Football School (MFS) pun menjelaskan, kepribadian Febrianto Wijaya yang humble (renda hati) tidak pernah berubah sejak masih berkiprah di dunia sepakbola.

"Kalau secara pribadi, saya dulu kan kenal Febrianto sejak masih di MFS dan memang sudah humble orangnya. Kalau dibilang sifatnya berubah, memang ada perubahan sifat. Tetapi perubahan sifat itu bukan ke negatif, malahan ke positif, lebih humble, lebih enak. Mungkin karena kita ini di UMKM kan, bisa dibilang kita menjual di pinggir jalan, dia (Febrianto Wijaya) malah berani turun di jalan, menyapa kita, kadang-kadang menanyakan keluh kesah kita sebagai UMKM yang menjual dipinggir jalan, lebih keluar dibandingkan dulu waktu masih main sepakbola," tuturnya.