Prihatin dengan Kondisi Pantai, Ampas Mamuju Ajak Warga Bersih-bersih

Bersih-bersih Pantai Arteri Mamuju (Foto: Eka Musriang)
Bersih-bersih Pantai Arteri Mamuju (Foto: Eka Musriang)

Pantai di sepanjang jalan Arteri, Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju, Sulbar, akhir-akhir ini semakin memprihatinkan. Sampah plastik berserakan dimana-mana, bahkan sudah ada yang tertimbun pasir.


Kondisi itu menarik perhatian Angkatan Muda Pecinta Alam Sulawesi (Ampas) Mamuju. Para pemuda itu pun berinisiatif untuk menggelar aksi bersih-bersih dengan mengajak masyarakat setempat.

Ketua Ampas Mamuju, Rahmat Hidayat mengungkapkan, kegiatan bersih-bersih itu dilakukan sebagai motivasi bagi masyarakat untuk menjaga kebersihan sepanjang pesisir pantai Mamuju, Sulbar.

"Hari ini, kurang lebih 100 orang terlibat dalam aksi bersih-bersih ini. Kami mau menyadarkan kaum milenial untuk peduli terhadap kebersihan pesisir pantai," kata Rahmat saat diwawancarai Rmolsulbar.id, Minggu (15/10/23).

Apalagi, kata Dia, tumpukan sampah di sepanjang pantai Arteri Mamuju, semakin hari semakin bertambah. Jika dibiarkan begitu saja, tidak menutup kemungkinan akan menjadi lautan sampah.

"Tumpukan sampah pesisir pantai Arteri sudah memburuk. Sudah hampir menjadi lautan sampah. Sebelum benar-benar menjadi lautan sampah, kita harus bersihkan," ujarnya.

Lanjut Rahmat menjelaskan, pada aksi bersih-bersih ini, pihaknya juga melibatkan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Mamuju, Sulbar, DLHK Mamuju, hingga DLHK Sulbar.

"Kita sudah diberikan tempat sampah tiga, artinya kolaborasi kedepan bisa dibangun. Insya Allah, setiap minggu kita lakukan kegiatan ini. Jadi artinya akan berkelanjutan, tapi saat ini memang kita fokus di pantai Arteri, karena tentu tidak akan selesai dalam waktu singkat," ungkap Rahmat. 

Selain aksi bersih-bersih, ke depan Ampas memprogramkan sosialisasi tentang pentingnya menjaga kebersihan demi menjaga ekosistem di sekolah-sekolah di Kabupaten Mamuju, Sulbar.

"Kita juga programkan daerah atau zona bebas sampah dala kota Mamuju. Kita juga programkan agar sampah ini bisa didaur ulang," imbuhnya.

Pgs. Paspotmar Lanal Mamuju, Letda Laut (E) Tri Agus Febrianto mengapresiasi aksi yang dilakukan Ampas Mamuju. Menurutnya, kebersihan pantai adalah tugas bersama.

"Mari kita berkolaborasi membersihkan wilayah pesisir, karena ini tugas kita juga. Jadi, kita mensupport teman-teman Ampas ini," tutur Febrianto.