Sidak Fasilitas Toilet di Sejumlah OPD, Pj Gubernur Sulbar Tekankan 6 Hal Penting

Pj Gubernur Sulbar lakukan sidak toilet bersih (Foto: Istimewa)
Pj Gubernur Sulbar lakukan sidak toilet bersih (Foto: Istimewa)

Penjabat Gubernur (Pj) Sulbar, Prof Zudan Arif Fakrulloh melakukan sidak ke sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk memastikan kebersihan seluruh toilet dan lingkungan kantor, Senin (12/2/2024).


Dalam sidak itu, Prof Zudan Arif Fakrulloh mengunjungi sebanyak tujuh OPD, yakni BKD, Biro Ekbang, BPSDM, Biro Hukum, Dinas Pariwisata, Dinas Kelautan dan Perikanan, serta Dinas ESDM.

Prof Zudan Arif Fakrulloh mengungkapkan, program toilet bersih digagas sesuai arahan Mendagri Tito Karnavian yang diluncurkan sejak Desember 2023 lalu. Sehingga, seluruh OPD diminta untuk merespon cepat program itu.

"Saya sudah mengingatkan kepala OPD dan salah satu kekurangan OPD kita, lambat merespon isu, lambat merespon arahan dan lambat merespon instruksi pimpinan dan hampir semua saya liat memang toiletnya harus dibersihkan lagi," kata Prof Zudan.

Sestama BNPP ini juga mengungkapkan, program itu menjadi penting, sebab pada prinsipnya harus dimulai dari hal sederhana. Jika tidak bisa merawat dan memelihara dari yang sederhana, maka masalahnya akan semakin kompleks.

"Kalau merawat toilet dan membersihkan toilet saja tidak bisa dilakukan, apalagi harus mengurus rakyat. Jika ingin mengurus yang lebih besar, maka mari memulai dari yang sederhana, seperti toilet harus bersih," ungkapnya.

Prof Zudan pun menekankan agar seluruh OPD bergerak cepat dalam menindaklanjuti program itu. "Semua kepala OPD harus bergerak lebih cepat, bersihkan semua toilet. Kalau perlu, yang kotor diganti yang baru karena itulah cermin perilaku, cermin kehidupan keseharian," tutur Prof Zudan.

Berikut enam poin yang ditekankan Prof Zudan kepada seluruh OPD untuk segera ditindaklanjuti.

- Toilet harus dibuat lebih bersih lagi.

- ⁠Kloset dan alat-alat dalam toilet yang kondisinya rusak agar segera diganti baru.

- Bangunan Toilet yang rusak agar diperbaiki

- Segera ambil langkah-langkah konkrit untuk target toilet bersih, karena program ini sudah dicanangkan sejak dua bulan lalu.

- OPD yang telah atau belum dikunjungi agar toiletnya dibersihkan sehingga bisa menjadi contoh dan membuat kesan positif bagi masyarakat dan tamu bahwa toilet di sulbar bersih-bersih dan wangi, termasuk toilet dimasjid agar dibersihkan dan dioperasionalkan.

- Secara berkala akan terus melakukan peninjauan diseluruh toilet OPD Pemprov Sulbar.