Sulbar Masuk Tiga Besar Pengendali Inflasi Terbaik Nasional

Pj Gubernur Sulbar Prof Zudan Arif Fakrulloh (Foto: Istimewa)
Pj Gubernur Sulbar Prof Zudan Arif Fakrulloh (Foto: Istimewa)

Seperti ungkapan yang berbunyi hasil tidak akan mengkhianati proses, begitu pula upaya Pemprov Sulbar dalam pengendalian inflasi yang dimulai sejak masa jabatan Akmal Malik awal 2023 lalu. Kini program itu membuahkan hasil.


Hasilnya, yakni Pemprov Sulbar mendapatkan apresiasi dan penghargaan dari pemerintah pusat sebagai tiga besar provinsi pengendali inflasi terbaik di Indonesia, bersama Sulsel dan Gorontalo.

Pj Gubernur Sulbar, Prof Zudan Arif Fakrulloh mengungkapkan, dirinya baru mendapat informasi terkait apresiasi itu, kemarin. Sementara itu, untuk penerimaan penghargaan akan berlangsung minggu depan. Menurutnya, capaian itu merupakan hasil dari langkah awal yang diambil Akmal Malik.

"Jadi, saya berterimakasih kepada pak Akmal, para Kepala OPD, instansi vertikal, BI, OJK dan semuanya saja yang mendukung pencegahan inflasi, pengendalian inflasi dan penyediaan bahan pokok serta pengendalian harga di Sulbar," kata Prof Zudan di Mamuju, Rabu (01/11/23).

Salah satu kunci keberhasilan di Sulbar, kata Dia, adanya suplai bahan pokok yang cukup, harga terkendali karena tidak ada yang memainkan harga, serta pasar murah dari Pemprov, kabupaten, dilakukan terus-menerus dan juga pengecekan harga.

"Jadi, para petani, para pedagang, itu mensuplai cukup, tidak ada yang menyimpan di gudang, semuanya dikeluarkan, termasuk Bulog. Saya beberapa kali turun (melakukan survei harga dipasaran) tidak melihat hal yang seperti itu (lonjakan harga), harga bisa kita kendalikan," tuturnya.