Ular Sanca 6 Meter Mangsa Ternak Sapi Buat Geger Warga Mamuju

Ular Sanca berukuran 6 meter mangsa ternak sapi (Foto: Istimewa)
Ular Sanca berukuran 6 meter mangsa ternak sapi (Foto: Istimewa)

Seekor ular sanca (piton) dengan panjang sekira 6 meter ditemukan tengah memangsa sapi di Babalalang, Desa Beru-beru, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Sulbar, Kamis (12/10/23).


Peristiwa itu pun diabadikan warga setempat hingga menjadi viral di sejumlah media sosial. Seperti yang diunggah akun Instagram @info_mamuju, baru-baru ini.

Ada tiga kemungkinan penyebab seekor ular keluar dari hutan karena kelaparan dan masuk ke pemukiman, menyerang bahkan memangsa ternak warga yang dekat dengan hutan. Misalnya sapi, kambing, ayam dan ternak warga lainnya.

Bisa saja, ular itu merupakan hewan peliharaan yang kabur lantaran tidak mendapat makanan yang cukup dari pemiliknya. Tak hanya itu, ular mungkin saja terbawa banjir, hingga ular 'survivor' yang bertahan dengan makanan yang ada.

Munculnya ular piton di Mamuju kali ini, mungkin karena makanan di hutan sudah berkurang akibat penebangan liar. Selain itu, kurangnya makanan di hutan diakibatkan perburuan yang sering dilakukan warga.

Dalam sebuah video yang viral baru-baru ini, warga menemukan seekor ular piton di area perkebunan dengan perut yang membengkak usai memangsa hewan peliharaan. Saat perut ular itu di belah, seekor sapi yang masih utuh pun terlihat namun sudah mati.

“Halo guys, ular," ucap seorang warga dalam rekaman video tersebut. "Alallah, makan sapi besar," timpal warga lainnya dalam dialek Mamuju.